-->

Pengguna Android Perlu Membuang 17 Aplikasi Yang Terinfeksi Malware Secara Manual

 

Pengguna Android Perlu Membuang 17 Aplikasi Yang Terinfeksi Malware Secara Manual

Google baru-baru ini dinonaktifkan 17 Android apps yang terinfeksi dengan malware Joker, namun hanya pengguna yang bisa menghapusnya


Salah satu malware yang paling gigih menargetkan perangkat Android telah muncul kembali, kali ini muncul di 16 aplikasi di Google Play Store.


Seperti yang dijelaskan oleh perusahaan keamanan Zscaler, aplikasi terinfeksi dengan Joker malware. Ini mencuri pesan SMS, daftar kontak, dan perangkat informasi, tetapi ancaman yang paling serius daripadanya kepada pengguna adalah layanan pendaftaran otomatis untuk protokol aplikasi nirkabel (WAP) premium. Dengan penagihan WAP, pengguna mendapatkan kejutan ketika mereka menerima tagihan telepon mereka untuk biaya layanan dibebankan langsung ke biaya.



Malware Joker menghindari proses pemeriksaan aplikasi Google Play melalui kombinasi tweak kode, variasi metode eksekusi, dan perubahan cara men-download muatan yang memungkinkan untuk bekerja, mencuri informasi, dan memicu pendaftaran layanan WAP. Google telah dihapus 16 aplikasi yang terinfeksi dari Play Store dan menonaktifkan mereka dalam perangkat di mana aplikasi diinstal, yang diharapkan berada di wilayah 120.000 perangkat. Daftar aplikasi meliputi:


Semua Scanner PDF Baik

scanner biru

pesan Perawatan

Desire Terjemahkan

langsung Messenger

Hummingbird PDF Converter - foto ke PDF

Scanner-hati

Mint Leaf Pesan-Pesan Pribadi Anda

Penerjemah Sebuah Kalimat - Translator Multifungsi

Kertas Doc Scanner

pesan bagian

SMS pribadi

gaya foto Collage

Bakat Photo Editor - Fokus kabur

Kunci Aplikasi Tangram

Unik Keyboard - Mewah & Emoticons Gratis Fonts

Daftar ini awalnya termasuk 17 aplikasi, tetapi Zscaler telah mengkonfirmasi bahwa salah satu aplikasi ditempatkan pada daftar dua kali oleh kesalahan. Kami telah dihubungi untuk mengklarifikasi apakah itu akan digantikan oleh 17 atau jika daftar adalah untuk berdiri di urutan 16.



Seperti dilansir ZDNet, satu hal Google dapat lakukan adalah menghapus aplikasi (sekarang dinonaktifkan) perangkat. Tugas itu diserahkan kepada pengguna. Jika Anda telah menginstal salah satu aplikasi ini, silahkan pergi ke Settings di perangkat Anda, buka aplikasi, menemukan aplikasi dalam daftar, pilih, dan tekan uninstall. Anda akan tahu kapan uninstall selesai ulang Android daftar aplikasi. Bersihkan semua berkas dan ulangi proses jika Anda menginstal aplikasi lebih dari satu aplikasi yang tercantum di atas.


Karena malware Joker sangat sulit untuk dikalahkan, sepertinya ini adalah terakhir kali kita mendengar tentang penghapusan aplikasi yang terinfeksi dari Play Store. Jika Anda tidak yakin tentang menginstal aplikasi baru, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Sebuah pencarian cepat untuk nama aplikasi dapat mengungkapkan bahwa salah satu yang harus dihindari atau sangat aman untuk menginstal dan menggunakan. Dan untuk membantu menjaga keamanan ponsel Android Anda, instal aplikasi Android Antivirus dengan peringkat atas.

LihatTutupKomentar